Peluang Karir Host Live Streaming, Syarat dan Tugasnya!

host live streaming

Host live streaming adalah seseorang pemandu konten live streaming yang disiarkan melalui platform online. Mereka bekerja secara individu, perusahaan atau agency yang membutuhkan konten untuk audience mereka.

Host live streaming memperoleh keuntungan dari acara atau konten live mereka. Berikut syarat dan tugasnya

streaming lighting

Tugas Host Live Streaming

Tugas utama mereka adalah memandu konten secara online dan berinteraksi dengan audience. Mereka wajib memiliki pengetahuan yang luas terhadap suatu materi yang dijelaskan. Tidak diperbolehkan bertindak yang tidak pantas dan juga bersikap SARA dalam melakukan live streaming.

Tanggung jawabnya juga melakukan closing penjualan dengan durasi yang sudah disepakati. Dengan adanya host live streaming diharapkan dapat meningkatkan minat belanja audience secara online melalui produk yang di review langsung.

Selain dua hal diatas, mereka juga diwajibkan dapat menganalisa performa acara. Mereka harus dapat mengevaluasi konten streaming yang telah berlangsung. Kelemahan acara dapat dijadikan pelajaran agar live streaming selanjutnya menjadi lebih naik.

Baca Juga : Karir Operation Development Program

Syarat 

Menjadi Host live streaming akan berhubungan dengan banyak orang, salah satunya pembeli yang berminat terhadap produk yang akan kita jual. Maka, dibutuhkan host live streaming dengan syarat :

Memiliki communication skill yang baik.
Mereka diwajibkan untuk percaya diri didepan kamera dalam berkomunikasi. Dalam pekerjaanya mereka akan berhubungan dengan banyak pihak, mulai dari klien, audience hingga perusahaan. Maka, dibutuhkan kandidat yang lancar dalam berkomunikasi baik secara online maupun offline.

Memiliki Selling Skill yang baik.

Salah satu tujuan adanya host live pada saat streaming adalah memenuhi keinginan konsumen terhadap pemilihan produk yang akan dibeli. Host live streaming diwajibkan memiliki skill yang persuasif, dimana dia dapat mengajak audiencenya untuk membeli produk yang dia pasarkan.

Adapun syarat lainnya adalah wajib percaya diri, aktif, energik dan siap untuk mendapatkan jadwal streaming kapan saja.

Tahapan Memulai  Streaming :

  1. Persiapan Live ( pastikan sudah memakai pakaian rapih )
  2. Lighthing cukup agar produk dapat tersampaikan dengan baik
  3. Menggunakan perangkat lain seperti microphone dan kamera yang baik agar audience dapat melihat dan mendengar dengan jelas
  4. Menata lokasi live dengan rapih
  5. Meletakan display produk di sekitar lokasi live.
  6. Memulai live sesuai jadwal yang ditentukan
  7. Melakukan live dengan mengedukasi audience dan membantu menjawab keingin tahuan audience terhadap produk yang di tawarkan.

Kamera Live streaming

Itulah syarat dan tanggung jawab seorang host live streaming. Bagi kalian yang berminat, dapat mendaftarkan diri dan bergabung menjadi bagian dari Sumber Bintang Perkasa Group. Saat ini SBP group sedang membutuhkan lowongan dengan posisi diatas. Nantinya kalian akan bekerja di bawah PT. Mitra Aksesoris Indonesia. Yuk, klik link disini !



Picture of Nurlaely Lutfiyah
Nurlaely Lutfiyah
SEO & Digital Marketing Enthusiast

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Chat Whatsapp
1
Butuh Bantuan?
Halo,
Selamat datang di Sumber Bintang Perkasa,
Ada yang dapat kami bantu?