Warehouse Staff : Pengertian, Syarat dan Tanggung jawabnya

Warehouse staff pict

Warehouse staff adalah salah satu pihak yang bertanggung jawab saat penyimpanan barang di gudang.

Memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur dan memastikan bahwa pendistribusian dapat berjalan lancar mulai dari stock bahan baku hingga proses penyimpanan. Warehose staff sangat berpengaruh terhadap supply chain perusahaan.

Bekerja sebagai warehouse staff terlihat sederhana dan mudah, namun terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum menjalaninnya. Berikut pengertian, syarat dan tanggung jawabnya.

Warehouse Staff adalah

Pekerja yang bertanggung jawab dalam menjaga kelancara distribusi serta penataan barang di dalam gudang penyimpanan bahan baku dan produk perusahaan. Mereka juga bertugas menata barang sesuai dengan daftar, data sekaligus memastikan stock opname berjalan lancar.

Menurut definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa warehouse staff merupakan bagian dari divisi logistik, karena mereka diwajibkan mengurusi persediaan, penataan dan memastikan produk tidak kadaluwarsa sampai memuat laporan stock opname. Dibutuhkan ketelitian tinggi dan kekuatan fisik untuk menjadi warehouse staff.

Baca Juga ; Sharing Session SBP Group 

Tanggung Jawab Warehouse Staff

1. Pendataan Barang

Tugas pertama seorang warehouse staff adalah melakukan pendataan. Mereka diminta untuk mendata jumlah keluar masuknya barang. Mereka juga bertanggung jawab atas kesesuaian data dalam laporan dengan kenyataan di lapangan. Selanjutnya barang ditata sesuai dengan ketentuan perusahaan .

Pendataan warehouse

2. Penataan Barang Sesuai SOP Perusahaan

Setelah dipastikan data rapih dan sesuai, maka langkah selanjutnya barang di tata sesuai dengan ketentuan perusahaan. Penataan barang dilakukan agar rapih dan memudahkan dalam pendistribusiannya.

3. Memindahkan Barang

Memindahkan barang selama proses distribusi baik keluar maupun masuk gudang bagian dari tanggung jawab warehouse staff. Mereka diminta untuk memindahkan sesuai dengan kelompok yang ditentukan.

4. Koordinasi Tim

Semua staff warehouse di wajibkan memahami alur sekaligus prosedur keluar masuknya barang. Dibutuhkan koordinasi antar tim agar pekerjaan berjalan dengan lancar.

5. Memelihara Barang secara preventuf

Menjadi tugas satff warehouse adalah memeriksa dan memelihara barang dalam gudang agar kuwalitasnya tetap terjaga. Selain itu, mereka diwajibkan untuk menyortir kelayakan barang sehingga proses distribusi tidak akan terhambat.

kondisi gudang

Sumber Bintang Perkasa Group merupakan market leader aksesoris terbesar di Indonesia. Saat ini sedang membuka lowongan sebagai warehouse supervisor, adapun syarat untuk bergabung diantaranya:

Syarat Warehouse Supervisor

  1. Menguasai Warehouse Management
  2. Menguasai Fleet Management
  3. Menguasai Supply Chain Management
  4. Memiliki Analytical Thingking
  5. Memiliki Communication Skill yang baik.
  6. Memiliki Leadership Skiil yang baik.

Bagi kalian kandidat yang memenuhi kompetensi diatas dapat mencoba untuk bergabung menjadi bagian dari SBP Group sebagai warehouse supervisior.


Nurlaely Lutfiyah
Nurlaely Lutfiyah
SEO & Digital Marketing Enthusiast

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Chat Whatsapp
1
Butuh Bantuan?
Halo,
Selamat datang di Sumber Bintang Perkasa,
Ada yang dapat kami bantu?